Berita & Kegiatan

Previous Next

TURNAMEN BULUTANGKIS PA KAJEN CUP

TURNAMEN BULUTANGKIS PA KAJEN CUP

KAJEN – Dalam rangka mempererat tali persaudaran sekaligus menggelorakan budaya olahraga para pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B. Dilangsungkan turnamen bulutangkis PA Kajen Cup, yang dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B Bapak Drs. H. Suwoto, S.H., M.H.

Menurut Ketua Pelaksana, Moch. Kustanto, S.H., turnamen ini sekaligus meresmikan penggunaan lapangan bulutangkis yang berada di halaman samping Kantor Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B. “Turnamen dimulai pada hari Jumat tanggal 5 Oktober 2018 dan akan berlangsung setiap hari Selasa sore dan Jumat pagi. Sehingga tidak mengganggu proses pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Dijelaskan pula, sebagai permulaan turnamen bersifat internal. Dimana para pesertanya adalah para pejabat dan pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B. “Jadi tidak menutup kemungkinan nantinya akan digelar pula turnamen serupa yang melibatkan pihak-pihak di luar PA Kajen,” terang Kustanto.

Di tempat yang sama, Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B Bapak Drs. H. Suwoto, S.H., M.H., menyambut baik pelaksanaan turnamen ini. “Kegiatan seperti ini perlu sebagai salah satu upaya dalam memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” terangnya.

Pihaknya berharap, meski turnamen kali ini masih bersifat intern, namun para peserta tetap bermain sportif. “Sportifitas dalam turnamen tetap perlu dikedepankan,” tegas Bapak H. Suwoto sebelum menutup sambutannya.

Sebelum melaksanakan turnamen, para peserta terlebih mengikuti senam aerobic di halaman depan Kantor Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B. Selain sebagai pemanasan sebelum bertanding, senam aerobic sudah menjadi jadwal rutin sekali dalam 1 bulan. (ton)

Previous Next

PRAKERIN SMK MAARIF NU KAJEN

PRAKERIN SMK MAARIF NU KAJEN

KAJEN – Setelah beberapa bulan yang lalu beberapa mahasiswa dari IAIN Pekalongan, saat ini Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B kembali menerima siswa praktik. Kali ini datang dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif NU Kajen.

Kegiatan yang bernama Praktik Kerja Industri atau Prakerin ini diikuti oleh 6 siswa dan akan berlangsung selama 3 bulan. Kegiatan sudah dimulai sejak tanggal 1 Oktober 2018 dan langsung diterima oleh Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B Bapak Drs. H. Suwoto, S.H., M.H.

Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B Bapak Drs. H. Suwoto, S.H., M.H., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut, siswa tidak hanya praktik semata. Melainkan menerapkan teori yang telah didapatkan di bangku sekolah. “Di sini juga sambil belajar,” terangnya.

Beliau juga berpesan kepada para siswa agar dalam melaksanakan praktik selalu menjaga kedisiplinan. “Kalau tidak disiplin, maka tidak akan maju. Nanti akan diabsen dan akan mempengaruhi nilai,” tandas Bapak Suwoto, yang juga berharap bahwa ilmu yang diperoleh selama praktik dapat bermanfaat. (ton)

Previous Next

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

KAJEN – Bertempat di halaman Kantor Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B, Senin (1/10/208), digelar upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Upacara diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan, hakim, pejabat structural dan fungsional, serta seluruh karyawan Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B.

Dalam upacara tersebut tidak dilaksanakan pengibaran bendera merah putih. Namun diisi dengan pembacaan ikrar kesetiaan untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Adapun isi ikrar tersebut adalah sebagai berikut

IKRAR

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta, 1 Oktober 2018

Atas Nama Bangsa Indonesia 

Ketua DPR RI,

H Bambang Soesatyo, S.E, M.B.A

Previous Next

HUT DHARMAYUKTI KARINI

HUT DHARMAYUKTI KARINI

KAJEN – Sebagai wadah istri-istri para pegawai di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia, saat ini Dharmayukti Karini telah memasuki usia 16 tahun. Dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya tersebut, Dharmayukti Karini Cabang Pekalongan melaksanakan kegiatan yang bersifat sosial.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Kantor Pengadilan Agama Kajen, hari Jumat (21/9/208), tersebut diantaranya penyerahan Bantuan Dana BeaSiswa (BDBS). Serta melakukan kunjungan sekaligus penyerahan bantuan ke Panti Asuhan Darul Hadhonah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan.

Sebelumnya juga dilaksanakan pemotongan tumpeng sebagai bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharmayukti Karini ke-16. Pemotongan tumpeng dilakukan langsung oleh Ketua Dharmayukti Karini Cabang Pekalongan Ibu Dewa Ketut Kartana, yang juga istri dari Ketua Pengadilan Negeri Pekalongan.

Potongan tumpeng diserahkan kepada Ketua Pengadilan Agama Kajen Bapak Drs. H. Suwoto, S.H., M.H. dan Ketua Pengadilan Agama Pekalongan Bapak Drs. H. Wahidi Abidin, M.H. Dilanjutkan penyerahan beasiswa BDBS kepada beberapa putra-putri anggota Dharmayukti Karini. Sementara Ketua Pengadilan Negeri Pekalongan Bapak Dewa Ketut Kartana, S.H., M.Hum., tidak dapat mengikuti kegiatan hingga akhir dikarenakan menghadiri undangan dinas di Pemalang.

Sementara penyerahan bantuan sosial ke Panti Asuhan Darul Hadhonah Wonopringgo, dilaksanakan setelah kegiatan pertemuan rutin Dharmayukti Karini Cabang Pekalongan usai. (ton)

Previous Next

LATIHAN BERSAMA PTWP PA KARESIDENAN PEKALONGAN

LATIHAN BERSAMA PTWP PA KARESIDENAN PEKALONGAN

KAJEN – Dalam rangka meningkatkan kemampuan para petenis binaan Persatuan Tenis Warga Peradilan (PTWP) Pengadilan Agama se-eks Karesidenan Pekalongan. Para petenis dari 7 PA se-eks Karesidenan Pekalongan, Jumat (21/9/2018), mengikuti latihan bersama di Lapangan Tenis Kompleks Rumah Dinas Bupati Pekalongan.

Ada sekitar 63 petenis dari 7 PA ikut andil dalam kegiatan tersebut. PA Kajen selaku tuan rumah mengikutsertakan 7 petenis. Sementara dari PA Pemalang 12 petenis, PA Pekalongan 9 petenis, PA Batang mengirim 10 petenis, PA Brebes 11 petenis dan PA Slawi 8 petenis. Sedangkan PA Tegal hanya mengirimkan 4 petenisnya.

Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B Bapak Drs. H. Suwoto, S.H., M.H., mengucapkan selamat datang kepada para petenis. “Kegiatan ini adalah latihan bersama. Meski begitu, tetaplah bermain dengan penuh semangat,” sambutnya.

Sementara Ketua Korwil Karesidenan Pekalongan Drs. H. Abdul Ghofur, S.H., M.H., dalam sambutanya menyampaikan bahwa latihan bersama ini juga sekaligus dalam rangka menghadapi PTA Cup. “Rencananya PTA Cup akan digelar di Karesidenan Banyumas, tapi kita belum tahu tempatnya dimana. Mungkin di Purwokerto atau bisa saja di Cilacap,” jelasnya.

Di kesempatan tersebut juga disampaikan ucapan selamat kepada tim PTWP PTA Semarang, yang mampu baru saja selesai mengikuti ajang Mahkamah Agung Cup di Bali beberapa waktu yang lalu. “Selamat kepada Tim Putra yang mampu menembus babak 8 besar. Juga kami sampaikan terima kasih kepada tim putri yang sudah berusaha maksimal,” ujar Ketua PA Pemalang tersebut.

Selain menggelar latihan tenis bersama. Kesempatan tersebut juga dilangsungkan rapat koordinasi antar PA se-eks Karesidenan Pekalongan. Diikuti oleh para Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris dari ketujuh PA tersebut. (ton)

Previous Next

PA KAJEN IKUT SERTA UPACARA HAORNAS 2018

PA KAJEN IKUT SERTA UPACARA HAORNAS 2018

KAJEN – Bertempat di Alun-alun Kajen Kabupaten Pekalongan, Jumat (14/9/2018), jajaran Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B, mengikuti Upacara Puncak Hari Olahraga Nasional tingkat Kabupaten Pekalongan tahun 2018.

Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, S.H., M.Si. Di hadapan peserta upacara dari berbagai instansi dan sekolah, Bupati Pekalongan membacakan sambutan Menteri Olahraga Imam Nahrawi, yang isinya menyampaikan rasa bangganya atas prestasi olahraga yang dicapai tahun ini. Dimana prestasi tersebut tidak muncul tiba-tiba, melainkan telah dipersiapkan secara matang dan sistematik, dengan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia.

“Tahun ini pula kita semakin kuatkan olahraga rekreasi dan olahraga pendidikan sebagai fondasi menuju pembangunan olahraga yang lebih utuh termasuk di dalamnya membangun prestasi, “karena tidak akan ada prestasi kalau tidak ada partisipasi”, terang Bupati Asip Kholbihi saat membacakan sambutan Menpora.

Disampaikan pula, permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah (dibawah 18%). Maka dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut. Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus maka akan memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas dunia di masa selanjutnya.

“Tahun ini banyak generasi muda kita telah menorehkan prestasi membanggakan. Seperti kita ketahui, ada Lalu Muhammad Zohri anak muda kita pelajar SMA telah menorehkan prestasi Juara Dunia U-20 melalui lari 100 meter. Kita lihat juga pemain catur Samantha dalam usia 10 tahun telah menjadi juara dunia. Belum lagi Wushu juga juara dunia pelajar kita. Tim sepakbola U-16 telah membuat prestasi gemilang di cabang sepakbola dengan menjuarai AFF, Timnas Pelajar juga menjuarai level Internasional baik U-12, U-15, angkat besi dan voli pasir, bulutangkis dan berbagai cabang-cabang olahraga lainnya telah sukses lolos Youth Olympic. Itu pertanda bahwa kita telah menata fondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia dini. Dengan demikian, kita telah memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang,” lanjut Bupati.

Tema besar HAORNAS Tahun 2018 ini adalah “Ayo Olahraga, Bangun Indonesia”. Tema ini mengandung makna bahwa kita mengajak untuk berolahraga. Dengan berolahraga kita akan turut berpartisipasi membangun Indonesia secara keseluruhan yakni membangun jiwa yang sehat, membangun badan yang kuat. Pembangunan didalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani kita berarti telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental.

“Kita patut bangga bahwa Asian Games 2018 yang menjadi perhelatan olahraga tingkat Asia, telah berlangsung sukses, lancar dan membuahkan juga prestasi, dengan masuk peringkat 4 besar Asia. Ini patut disyukuri berkat kerja bersama INASGOC dan stakeholders semua kementerian dan lembaga, sesuai dengan arahan Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden serta dukungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota khususnya kepada Provinsi Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan semua komponen dengan kerja ikhlas menghasilkan penyelenggaraan yang mengagumkan,” sambung Bupati.

Menpora dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih untuk KONI, KOI, para atlet, pelatih Pembina, CDM, yang telah menorehkan prestasi yang luar biasa di Asian Games 2018. “Saya ucapkan rasa bangga kepada para pahlawan olahraga yang sukses dengan perjuangannya di Asian Games 2018. Dan pada kesempatan baik ini mari kita sukseskan dan kita doakan untuk suksesnya perhelatan Asian Para Games 2018 beberapa minggu kedepan. Selamat memperingati Hari Olahraga Nasional ke-35, semoga kedepan semua warga Negara Indonesia tanpa kecuali untuk mencintai olahraga dan mamposisikan olahraga sebagai gaya hidup. Dan melalui peringatan HAORNAS kita kuatkan lagi olahraga prestasi untuk menuju pentas yang lebih besar yakni di Olympiade nantinya. Kita dukung para atlet difabel yang akan berjuang di Asian Para Games 2018 di Jakarta,” tandas Bupati saat membacakan sambutan Menpora.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati menyerahkan penghargaan kepada lima insan olahraga yang telah membanggakan Kabupaten Pekalongan di kancah nasional. Bahkan Bupati juga menyampaikan bahwa pihak Pemkab Pekalongan akan memberikan beasiswa pendidikan kepada kelimanya.

Upacara ditutup dengan pertunjukan atraksi pencak silat, yang merupakan olahraga asli Indonesia, di hadapan Bupati, tamu undangan dan peserta upacara. Atraksi dilakukan oleh para pelajar yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Persatuan Setia Hati Teratai (PSHT) Kabupaten Pekalongan. (ton)

Informasi

Pengadilan Agama Kelas I.B Kajen 
Jl. Teuku Umar No 9 Kajen, Kab. Pekalongan 51161
Telp/Fax 0285 381919