Previous Next

PEMBINAAN DAN BIMTEK BIDANG HUKUM

PEMBINAAN DAN BIMTEK BIDANG HUKUM

 

PEKALONGAN - Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada para pihak pencari keadilan, diperlukan produk putusan pengadilan agama yang berkualitas. Sehingga masyarakat selaku para pihak pencari keadilan merasa puas akan kinerja dari pengadilan agama. Sekaligus sebagai salah satu perwujudan pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Peradilan Agama.

Maka dari itu diselenggarakan Pembinaan dan Bimbingan Teknis bagi Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Agama se-Jawa Tengah Wilayah Koordinator Pekalongan. Kegiatan berlangsung pada Jumat, 15 Februari 2019, di Ballroom Hotel Sahid Mandarin Pekalongan.

Disamping sebagai tindak lanjut hasil pembinaan Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia beberapa waktu yang lalu terkait adanya temuan-temuan dalam berkas kasasi yang diajukan para pihak. Dalam pembinaannya, Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Bapak Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.M., menyampaikan temuan-temuan tentang adanya pemeriksaan perkara dan pertimbangan hukum masih bersifat summier, mudah mengabulkan perceraian tanpa menggali alasan perceraian dan Hukum Acara diabaikan.

Pembinaan dan Bimbingan Teknis Ketua, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Agama Wilayah Koordinator Pekalongan diisi oleh pemateri dari Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang, diantaranya Ketua PTA Semarang Bapak Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H., Hakim Tinggi PTA Semarang Bapak Dr. H. Jaliansyah, S.H., M.H. dan Panitera PTA Semarang Bapak Tukiran, S.H., M.M.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan pemahaman kepada para hakim dalam melaksanakan Hukum Acara, termasuk di dalamnya dalam konteks pemeriksaan perkara dan pertimbangan hukum yang digunakan. Sehingga putusan sebagai hasil produk pengadilan agama dapat memuaskan para pihak pencari keadilan yang berperkara.

Peserta yang hadir berjumlah sekitar 83 orang yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua dan Hakim, serta Panitera Pengadilan Agama Wilayah Koordinator Pekalongan, diantaranya dari Pengadilan Agama Batang Kelas I.B, Pengadilan Agama Pekalongan Kelas I.A, Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B, Pengadilan Agama Pemalang Kelas I.A, Pengadilan Agama Tegal Kelas I.B, Pengadilan Agama Slawi Kelas I.A dan Pengadilan Agama Brebes Kelas I.A. (ton)

 


Cetak   E-mail