logonew23

Mekanisme Penyelesaian Pengaduan

MEKANISME PENYELESAIAN PENGADUAN

A.

Tahap Pemeriksaan

 

 

Pemeriksaan dilaksanakan dengan urutan sebagai berikut :

 

 

1.

Pemeriksaan pengaduan

 

 

Meliputi :

 

 

a. Identitas pengadu;

b. Relevansi kepentingan pengadu;

c. Penjelasan lengkap tentang hal yang diadukan;

d. Bukti-bukti yang dimiliki pengadu.

 

   

 

2.

Memeriksa pihak-pihak terkait

 

 

Pihak-pihak terkait adalah pihak lain yang dapat diajukan oleh pengadu untuk menguatkan dalil-dalilnya, maupun atas inisiatif tim pemeriksa untuk kepentingan melakukan klarifikasi maupun konfirmasi mengenai pengaduan tersebut.

 

   

 

3.

Memeriksa pihak yang diadukan

 

 

Meliputi :

 

 

a. Identitas;

b. Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan secara singkat;

c. Klarifikasi atas hal yang dilaporkan.

 

   

 

4.

Memeriksa pihak lain yang diajukan oleh pihak yang diadukan

 

 

Yaitu pihak yang dapat menguatkan dalil-dalilnya.

 

   

 

5.

Memeriksa surat-surat dan dokumen dengan teliti dan seksama

 

 

Dibuatkan foto kopi dan dilegalisir

 

   

 

6.

Mengkonfrontir antara pengadu dengan pihak yang diadukan atau pihak lainnya (apabila diperlukan)

 

7.

Melakukan pemeriksaan lapangan (apabila diperlukan)

 

   

B.

Tahap Penyelesaian

 

1.

Pengadilan wajib memeriksa pengaduan dari masyarakat mengenai pelayanan publik yang diselenggarakannya;

 

2.

Dalam memeriksa materi pengaduan, penyelenggara wajib berpedoman pada prinsip independen, non-diskriminasi, tidak memihak dan tidak memungut biaya;

 

3.

Dalam hal pengadu keberatan dipertemukan dengan pihak teradu karena alasan tertentu yang dapat mengancam atau merugikan kepentingan pengadu, penyelenggara dapat mendengar keterangan secara terpisah;

 

4.

Dalam melakukan pemeriksaan materi aduan, penyelenggara wajib menjaga kerahasiaan;

 

5.

Penyelenggara wajib memutuskan hasil pemeriksaan pengaduan paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak berkas pengaduan dinyatakan lengkap;

 

6.

Keputusan mengenai pengaduan wajib disampaikan kepada pihak pengadu paling lambat 14 (empat belas) hari sejak diputuskan.

       

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kajen 

Jl. Teuku Umar No 9 Kajen 

Telp      : (0285) 381919

Fax       : (0285) 381919 ext : 115

Email 1  : pakajen@ymail.com

Email 2  : surat@pa-kajen.go.id

145057
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
232
306
538
142536
1689
20496
145057

Your IP: 36.76.245.167
2020-07-06 15:38