Previous Next

PERCERAIAN ASN MENINGKAT

PERCERAIAN ASN MENINGKAT

 

*) PA Kajen Siap Pertahankan Predikat A-Excellent

KAJEN – Angka perceraian di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Pekalongan terus mengalami peningkatan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Hal ini terungkap dalam sambutan Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B pada Pembina Upacara Forkopimda tanggal 17 Juli 2019, yang dibacakan Wakil Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B Drs. Mahmudin, S.H., M.H.

Pengibaran Bendera Merah Putih Upacara Forkopimda 17 Juli 2019

“Perkara perceraian Aparatur Sipil Negara (ASN) mengalami peningkatan dari tahun 2016 hingga tahun 2018. Pada tahun 2016 Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B telah memutu perkara perceraian bagi ASN sebanyak 29 perkara, tahun 2017 menjadi 45 perkara dan tahun 2018 sebanyak 50 perkara,” ungkapnya.

Namun di sisi lain, kesadaran masyarakat akan bahayanya pernikahan dini semakin meningkat. Ini diketahui dari menurunnya angka perkara dispensasi kawin pada periode tahun yang sama. Pada tahun 2016 Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B telah memutus 74 perkara dispensasi kawin, kemudian di tahun 2017 turun 56 perkara dan tahun 2018 kembali turun sebanyak 51 perkara.

Wakil Ketua PA Kajen membacakan sambutan

Pada kesempatan itu pula, Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B dalam sambutannya yang dibacakan Wakil  Ketua, memohon doa restu masyarakat Kabupaten Pekalongan agar Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B dapat mempertahankan predikat A Excellent Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) yang telah diraih pada tahun 2018 kemarin.

“SAPM atau APM merupakan suatu bentuk pengakuan resmi yang diberikan kepada lembaga peradilan karena telah memenuhi standar pelayanan yang baik bagi para pihak atau masyarakat pencari keadilan,” terang Bapak Mahmudin.

 

Pembacaan Pembukaan UUD 1945, Sapta Marga, Tri Brata dan Panca Prasetya KORPRI

Disampaikan pula bahwa saat ini Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B telah resmi masuk dalam wilayah Zona Integritas. Hal itu ditandai dengan penandatanganan Pencanangan Zona Integritas pada bulan Maret yang lalu, yang juga disaksikan oleh Bupati Pekalongan dan jajaran Forkopimda Kabupaten Pekalongan dan tokoh masyarakat.

Pegawai PA Kajen foto bersama usai mengikuti Upacara Forkopimda

“Jajaran Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B mulai dari pimpinan, hakim, pejabat struktural dan pejabat fungsional, termasuk tenaga honorer, berkomitmen menjadikan Kantor Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B bebas dari praktik KKN dan sebagainya. Ini merupakan tekad bersama untuk mewujudkan wilayah Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B bebas KKN,” tegas Wakil Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B. (ton)


Cetak   E-mail