Previous Next

UPACARA HARI PANCASILA BERLANGSUNG KHIDMAT

UPACARA HARI PANCASILA BERLANGSUNG KHIDMAT

KAJEN – Hari lahirnya Pancasila tahun ini diperingati secara special karena bertepatan dengan bulan Ramadhan dan memasuki hari libur jelang lebaran. Namun hal itu tidak mengurangi kekhidmatan jalannya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, seperti yang terlaksana di Halaman Kantor Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B , Sabtu, 1 Juni 2019.

Ketua PA Kajen membacakan Sambutan Kepala BPIP saat upacara

Upacara dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B Bapak Drs. H. Suwoto, S.H., M.H. dan diikuti hakim, pejabat struktural dan fungsional, serta para pegawai. Bahkan juga diikuti oleh tiga pejabat dari satuan kerja lain dan dua ASN yang sehari-harinya berdinas di Propinsi Banten.

Pada upacara tersebut Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B membacakan sambutan dari Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI. Dalam sambutannya tersebut disampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideology negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Pembacaan Pembukaan UUD 1945

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat, hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif,” ujar Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I.B.

Melalui momentum tersebut, diharapkan Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan secara terus menerus merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideology negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagian seluruh bangsa Indonesia.

Ketua PA Kajen, pejabat dan pegawai foto bersama usai upacara

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tegas Drs. H. Suwoto, S.H., M.H. (ton)


Cetak   E-mail