Seputar Peradilan

Berlangsung meriah dan khidmat

 hb1

Jum’at 21 Juli 2017 menjadi hari yang penuh makna bagi keluarga besar Pengadilan Agama Kajen. Disebut penuh makna karena dihari itu diselenggarakan Halal bi Halal yang merupakan momen dan wadah untuk bersilaturahim dan saling bermaaf-maafan atas segala salah dan khilaf yang telah diperbuat setahun yang telah lalu. Halal bi Halal diikuti oleh semua hakim, pegawai (beserta suami/istri) dan Honorer serta Mahasiswa-mahasiswi IAIN Pekalongan yang sedang melaksanakan PPL Peradilan di Pengadilan Agama Kajen.

Acara yang diisi dengan Pengajian itu, diawali dengan penampilan grup qasidah Mahasiswa PPL IAIN Pekalongan yang membawakan sholawat dan lagu-lagu religi yang dibawakan dengan apik dalam versi dangdut kelangan, dengan lirik lagu yang mendalam dan penuh makna menjadikan lagu ini dinikmati oleh para pengunjung dengan penuh renungan.

hb2

Gambar 1. Grup Qasidah Mahasiswa PPL IAIN Pekalongan

 

Secara sistematis, halal bi halal keluarga besar Pengadilan Agama Kajen diisi dengan rangkaian acara yaitu Pembukaan, Pembacaan ayat suci Al Qur’an, Sambutan-sambutan (Perwakilan atas nama hakim dan pegawai dan sambutan Ketua Pengadilan Agama Kajen), Mau’idhoh hasanah dan do’a penutup. Dalam sambutannya, Drs. Imam Maqduruddin Alsy yang mewakili atas nama pegawai dan karyawan Pegadilan Agama Kajen, menyampaikan bahwa sebagai manusia perlu bersyukur atas segala karunia dan nikmat yang diberikan Allah Swt karena dengan karunia dan nikmat tersebut kita bisa menjalankan aktifitas keseharian baik dalam pekerjaan di kantor, pergaulan dengan sesama dan ibadah kepada yang Maha Kuasa.

Sementara itu, Ketua Pengadilan Agama Kajen Drs. H. Achmadi, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya sikap untuk saling maaf memaafkan, karena sebagai manusia tentu tidak luput dari kesalahan yang telah diperbuat baik sengaja ataupun tidak, dengan saling memaafkan menjadikan hati lebih tenang dan nyaman dan dalam pekerjaan pun menjadi tanpa beban. Disamping itu, Drs. H. Achmadi, S.H., M.H juga mengajurkan kepada semua pegawai untuk senantiasa meningkatkan kerukunan antar sesama pegawai agar tercipta hubungan yang harmonis dan penuh kekeluargaan.

hb3

Gambar 2. Sambutan Ketua Pengadilan Agama Kajen Kelas I B oleh Drs. H. Achmadi, S.H., M.H.

 

Sebagai acara inti dari Halal bi Halal ini yakni Taushiyah yang diisi oleh K.H Minalul Aziz yang tidak lain adalah pengasuh pondok pesantren Fathul Huda dari Kab. Pekalongan. K.H Minanul Aziz dalam taushiyahnya menyampaikan bahwa tujuan ibadah adalah ketaqwaan, dimana banyak dalil ataupun ayat Al Qur’an yang menyebutkan tentang perintah ibadah dengan akhir tujuannya adalah ketaqwaan, satu diantaranya sebagaimana tersebut dalam Q.S Al Baqarah : 183.

hb4

Gambar 3. Tausiyah oleh KH. Minanul Aziz

 

Dalam kaitannya dengan bekerja, K.H Minanul Azis menekankan kepada segenap Pengadilan Agama Kajen agar menghindari 14 Penyakit yang sering terjadi dikalangan para pekerja khususnya di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yaitu :

Penyakit yang berkaitan dengan kehadiran di kantor :

  1. AIDS (Alpa Ijin, Dikit-dikit Sakit)
  2. Pucat Pasi (Pulang Cepatpadahal masih pagi)
  3. Kudis (Kurang disiplin)

Penyakit yang berhubungan denga kejiwaan :

  1. Asam Urat : Asal Sampai kantor, Uring-uringan atau Tidur
  2. Asma: Asal Mengisi Absen
  3. Batuk : Banyak Ngantuk
  4. Campak : Cari Muka Pakai Alasan Kerja
  5. Ginjal : Gaji Ingin Naik tapi Kerja Lambat

Penyakit yang berhubungan dengan profesionalisme :

  1. Kurap : Kurang Profesional, atau Kurang Rapih (dalam hal berpakaian)
  2. TBC : Tidak Bisa Computer
  3. Panu : Piket Asal Nulis
  4. Kram : Kurang Terampil
  5. Kutil : Kurang Teliti
  6. Flu : Facebook-an Melulu (saat jam kerja)

Akhirnya Halal bi Halal ditutup dengan do’a yang dibawakan langsung oleh K.H Minalul Aziz yang diamini oleh semua pengunjung dan diakhiri dengan musofahah (saling bersalam-salaman) sebagai wujud sikap saling maaf-memaafkan antar sesama.

 

redaksi oleh : Afif Zakiyudin, S.Sy

publikasi oleh : A.M. Ardli Pamungkas, A.Md.