* PENGADILAN AGAMA KAJEN SIAP MENJADI WILAYAH BEBAS KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI * WASPADA TERHADAP MODUS PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN PEGAWAI PENGADILAN AGAMA KAJEN DENGAN DALIH PENGURUSAN PERKARA *

logonew23

 11 Aplikasi Inovasi

sipp jadwal sidang

biaya perkara

e court

Siwas

valakta

Prosedur Berperkara 1 Prosedur Informasi 1
Produk Pengadilan  ACO copy  duniaaplikasi

 

Zona Integritas

Sampul Dok ZI 1 Sampul Dok ZI 2 Sampul Dok ZI 3 Sampul Dok ZI 4 Sampul Dok ZI 5 Sampul Dok ZI 6

PA KAJEN TETAPKAN KEWARISAN SAUDARA SEAYAH TAK MENGHIJAB KEPONAKAN

PA KAJEN TETAPKAN KEWARISAN SAUDARA SEAYAH TAK MENGHIJAB KEPONAKAN

waris2

Kajen, 29 Desember 2021

Majelis Hakim Pengadilan Agama Kajen, Kabupaten Pekalongan, menetapkan kewarisan saudara seayah tidak menghijab keponakan. Hal itu diketahui setelah dijatuhkannya penetapan yang dibacakan dalam sidang terbuka untuk umum hari ini. "mengabulkan permohonan para Pemohon untuk sebagian" ketuk Erfani, saat membacakan penetapan di ruang sidang utama Pengadilan Agama Kajen.

Perkara dimaksud diajukan secara e-court oleh para Pemohon melalui kuasa hukumnya, Nafidzul Haq dengan nomor perkara 447/Pdt.P/2021/PA.Kjn. Perkara ini diajukan oleh para Pemohon yang berjumlah empat orang yang merupakan saudara seayah dari Pewaris. Selain mereka, terdapat pula dua puluh orang keponakan dari jalur saudara kandung.

Sebagaimana maklum, dalam hukum kewarisan Islam, saudara seayah dipahami berada dalam pola kewarisan yang sama dengan saudara kandung. Artinya, selama ada saudara seayah laki laki, maka keponakan kandung menjadi mahjub.

Berbeda dari itu, rupanya majelis hakim Pengadilan Agama Kajen memiliki pertimbangan berbeda. Menurut Majelis Hakim yang memeriksa perkara itu, sesuai fakta persidangan, kedudukan saudara seayah tidak dapat dipahami dalam pola kewarisan saudara kandung. Karena selama hidup Pewaris, para saudara seayah tersebut tidak nampak terjadi hubungan yang intens dengan Pewaris layaknya saudara kandung. Sementara itu, para keponakan kandung Pewaris, menjadi pihak yang selama ini berkontribusi besar secara timbal balik dengan Pewaris.

"namun menetapkan bahwa para keponakan terhijab, terasa ada ketidakadilan dan kesenjangan. Oleh karena itu, hakim harus mampu merumuskan pola lain yang ideal untuk menjawab kesenjangan itu", ujar Erfani, Ketua Majelis Hakim yang menjatuhkan penetapan tersebut.

Dalam pertimbangannya, Majelis hakim mendudukkan kewarisan saudara seayah dalam pola kewarisan saudara seibu yang diatur dalam surah al Nisaa ayat 12. Sehingga bagian para saudara seayah adalah sepertiga bagian. Sementara sisanya dua pertiga menjadi bagian para keponakan kandung secara sama rata. (erf)

Akreditasi Penjaminan Mutu

Sampul Dok APM 1 Sampul Dok APM 2 Sampul Dok APM 3 Sampul Dok APM 4 Sampul Dok APM 5 Sampul Dok APM 6 Sampul Dok APM 7

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Kajen 

Jl. Teuku Umar No 9 Kajen 

Telp      : (0285) 381919

Fax       : (0285) 381919 ext : 115

Email 1  : pakajen@ymail.com

Email 2  : surat@pa-kajen.go.id

785926
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
381
915
2066
776202
15875
31841
785926

Your IP: 34.231.247.88
2022-05-17 04:54